Teluk Kiluan Habitat Lumba-lumba Lampung

teluk-kiluan-destinasi-tour-wisata-lampung-eloratour


Wisata Lumba-lumba Teluk Kiluan wajib dimasukkan list jika kalian berkunjung ke Lampung.  Teluk Kiluan yang berada di Teluk Lampung, merupakan habitat lumba-lumba terbesar di Indonesia.  Setiap akhir pekan, ratusan wisatawan dari Lampung, Palembang, Jakarta, bahkan ada yang dari Mancanegara mengikuti Tour Wisata di Teluk Kiluan, Provinsi Lampung.


TELUK KILUAN DESTINASI WISATA DI LAMPUNG YANG KEREN ABIS



jalan ke arah pantai teluk kiluan

Jalan dari gerbang Teluk Kiluan menuju pantai sudah dibeton



Paket Tour Teluk Kiluan

 

Teluk Kiluan terletak di Kabupaten Tanggamus, Lampung.  Teluk Kiluan berjarak sekitar 90 km dari Kota Bandar Lampung, dan butuh waktu tempuh sekitar 3,5 jam menggunakan kendaraan.  Kondisi jalan dari Bandar Lampung menuju Teluk Kiluan sudah mulai diperbaiki, namun belum bisa dilalui bus, sehingga kebanyakan wisatawan pergi ke sana menggunakan kendaraan non sedan,  atau motor.


desa teluk kiluan
 Desa Teluk Kiluan, banyak Pura dan Sangga di sepanjang jalan

Setelah mencapai Gerbang Teluk Kiluan, jalan akan menurun dan pantai Teluk Kiluan sudah terlihat.  Dari Gerbang menuju Desa Teluk Kiluan sekitar 2 km jaraknya, dan kondisi jalan sudah beraspal.  Di sebagian tepi jalan desa, bermukim warga etnis Bali, sehingga kita akan melihat sangga atau pura di depan rumah-rumah penduduk.


TOUR LUMBA-LUMBA DI TELUK KILUAN


 pantai teluk kiluan
Pantai Teluk Kiluan, di seberang tampak Pulau Kelapa.


Untuk mengikuti Tour Lumba-lumba kita harus mulai dari pukul 06.00 pagi, sebab lumba-lumba hanya bisa dilihat antara pukul 06.00 sampai sekitar pukul 08.30.  Itu artinya perlu berangkat dari Bandar lampung sekitar pukul 02.30 dini hari, atau menginap terlebih dahulu di homestay yang ada di Pantai Teluk Kiluan.




ATRAKSI LUMBA-LUMBA DI TELUK KILUAN, LAMPUNG


tour lumba-lumba di teluk kiluan
 Perahu jukung untuk tour lumba-lumba di Teluk Kiluan


Lokasi menikmati atraksi lumba-lumba berjarak sekitar 30 menit menggunakan perahu jukung dari Pantai Teluk Kiluan.  Itu artinya selama 2 jam kita bisa menikmati atraksi lumba-lumba selama sekitar 1 jam.


tour lumba-lumba di teluk kiluan

Di lokasi, perahu akan dibawa mendekati kawanan lumba-lumba yang sedang mencari makan. Saat itulah kita bisa menyaksikan dolphin yang berenang dan melakukan atraksi melompat ke atas permukaan laut.  Rasanya sungguh luar biasa bisa menyaksikan langsung dolphin -- mamalia laut cerdas  itu beratraksi melompat-lompat di habitatnya di Teluk Kiluan, salah satu destinasi wisata Lampung terfavorit ini.


Yuk Tour Wisata ke Teluk Kiluan Lampung